Tim Thomas Indonesia Tak Menurunkan Taufik Hidayat

Selasa, 22 Mei 2012 | komentar

Taufik Hidayat
Tim Thomas Indonesia tak menurunkan Taufik Hidayat pada laga terakhir babak penyisihan grup B di Wuhan Gymnasium Sport Center. Simon Santoso jadi tunggal pertama, sementara tunggal kedua dipercayakan kepada Tommy Sugiyarto.

Selain karena Indonesia sudah memastikan lolos ke semifinal, keputusan tidak menurunkan Taufik dan menggantinya dengan Tommy sebagai tunggal kedua adalah dengan pertimbangan demi memberi Tommy kesempatan berhadapan dengan pebulutangkis papan atas dunia.

"Toh, laga tak lagi menentukan kelolosan tim ke perempat final," kata M. Feriansyah, manajer tim nasional putra.

Di atas kertas Cina tak mudah ditundukkan, terutama pada kekuatan tunggal. Tiga pemain tunggal yang dimiliki tuan rumah berada di urutan kedua, ketiga, dan keempat dunia. Mereka berturut-turut Lin Dan, Chen Long, dan Chen Jin.

Sesuai ranking BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia) seharusnya taufik Hidayat yang menjadi tunggal kedua. Namun, juara dunia 2005 itu diputuskan tidak dimainkan.

"Saya tak masalah harus turun atau simpan tenaga. Keputusan ada di tangan manajer dan pelatih," kata Taufik.

Pada persaingan kekuatan ganda putra Cina memang lebih unggul. Dua ganda yang dimiliki Cai Yun/Fu Haifeng dan Chai Biao/Guo Zhendong ada di urutan pertama dan kelima dunia. Sedangkan ganda Merah Putih terbaik Bona Septano/M. Ahsan berada di peringkat keenam dan Markis Kido/Hendra Setiawan ada di peringkat kesembilan.

Tim Thomas sudah memastikan tiket perempat final dengan kemenangan 4-1 atas Inggris pada Senin malam lalu. Dua tim terbaik masing-masing grup berhak menuju babak knock out yang dimulai besok.

Pertandingan Indonesia vs China akan menentukan siapa yang berhak menjadi juara Grup B. Pertandingan akan dimulai pukul 18.00 WIB.

Formasi Tim Thomas:
Indonesia vs Cina
Simon Santoso v Lin Dan
Markis Kido/Bona Septano v Cai Yun Fu Haifeng
Tommy Sugiarto v Chen Long
Hendra Setiawan/Rian Agung Saputro v Shen Ye/Hong Wei
Dionysius Hayom Rumbaka v Chen Jin

Sumber : http://sport.detik.com/read/2012/05/22/173607/1922095/79/indonesia-tak-mainkan-taufik-lawan-china
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Media Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website | Johny Template Published by Mas Template
Powered by Blogger